Sekolah

Doa Sebelum Ujian Sekolah, Pendek dan Mudah Dihafalkan

×

Doa Sebelum Ujian Sekolah, Pendek dan Mudah Dihafalkan

Sebarkan artikel ini
doa sebelum ujian sekolah

PurwokertoHitz.comDoa Sebelum Ujian Sekolah. Ujian sekolah menjadi salah satu momen penting dalam kehidupan setiap siswa. Momen ini menjadi tolak ukur kemampuan dan pengetahuan yang telah diperoleh selama proses belajar. Bagi banyak siswa, ujian bukan hanya tentang menunjukkan apa yang telah mereka pelajari, tetapi juga tentang menghadapi tekanan, ketegangan, dan harapan. Dalam menghadapi ujian, selain persiapan materi, doa juga menjadi salah satu elemen penting yang sering dilupakan.

Doa adalah sarana komunikasi kita dengan Sang Pencipta. Melalui doa, kita memohon kekuatan, ketenangan, dan keberhasilan. Bagi siswa, doa sebelum ujian dapat menjadi sumber motivasi dan ketenangan dalam menghadapi soal-soal yang menantang.

Berikut adalah doa yang bisa diamalkan oleh siswa sebelum menghadapi ujian sekolah:

Doa 1

يَا حَيُّ يَا قَيُّوْمُ بِرَحْمَتِكَ أَسْتَغِيْثُ، وَأَصْلِحْ لِيْ شَأْنِيْ كُلَّهُ وَلاَ تَكِلْنِيْ إِلَى نَفْسِيْ طَرْفَةَ عَيْنٍ أَبَدًا

Ya hayyu ya qoyyum bi rahmatika astaghiits, wa ash-lihlii sya’nii kullahu wa laa takilnii ilaa nafsii thorfata ‘ainin abadan

Artinya: “Wahai Rabb Yang Maha Hidup, wahai Rabb Yang Berdiri Sendiri tidak butuh segala sesuatu, dengan rahmat-Mu aku minta pertolongan, perbaikilah segala urusanku dan jangan diserahkan kepadaku sekali pun sekejap mata tanpa mendapat pertolongan dari-Mu selamanya”

Doa 2

اَللّٰهُمَّ إِنِّى أَسْأَلُكَ عِلْمًا نَافِعًا وَرِزْقًا طَيِّبًا وَعَمَلاً مُتَقَبَّلاً

Allahumma inni as-aluka ‘ilman naafi’an wa rizqon thoyyiban wa ‘amalan mutaqabbalan.

Artinya: “Ya Allah, sungguh aku memohon kepadaMu, ilmu yang bermanfaat, rizki yang baik, dan amalan yang diterima.”

Doa 3

الّلهُمَّ افْتَحْ عَلَيْنَا فُتُوْحَ الْعَارِفيْنَ بِحِكْمَتِكَ وَانْشُرْ عَلَيْنَا رَحْمَتَكَ يَا ذَاالْجَلاَلِ وَالْإِكْرَامِ

Allahummaftah ‘alayya futuuhal ‘aarifiina bihikmatika wantsur ‘alayya rohmata wadzakkirniimaa nasiitu yaa dzaljalaali wal ikraam

Artinya: “Ya Allah,bukakanlah bagiku sebagaimana terbukanya orang-orang yang arif dengan ilmu kebijaksanaan-Mu,dan curahkanlah untukku,akan rahmat-Mu,dan ingatkanlah aku terhadap apa yang aku lupakan,wahai Zat yang mempunyai keagungan dan kemulyaan”

Penting untuk diingat bahwa doa bukanlah pengganti dari usaha dan persiapan. Doa adalah pelengkap dari semua upaya yang telah dilakukan. Oleh karena itu, siswa harus tetap belajar dengan tekun, mempersiapkan diri dengan baik, dan berdoa dengan khusyuk. Allah SWT adalah sumber segala kekuatan dan keberhasilan, dan dengan memohon pertolongan-Nya, kita dapat menghadapi ujian dengan penuh keyakinan dan ketenangan.

Semoga doa-doa di atas dapat menjadi pegangan bagi setiap siswa yang akan menghadapi ujian sekolah. Semoga Allah memberikan kemudahan, keberhasilan, dan keberkahan dalam setiap langkah yang diambil. Aamiin.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *